JURNAL BAHASA INDONESIA

· Bahasa Indonesia
Penulis

Laporan jurnal BAHASA indonesia

(PENGAMAN RUMAH DENGAN KAMERA CCTV)

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

Yudha Prawira (1111100749)

 

 

 

 

 

STIKOM  PGRI Banyuwangi

 2013

 

KATA PENGANTAR

 

            Dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa dan dengan ridhoNYA, kami dapat mengerjakan dan menyusun tugas JURNAL ini dengan baik.

            Tujuan dari penyusunan ini agar dapat digunakan sebagai bahan atau panduan, disamping untuk mempermudah bagi para pengguna.

            Untuk itu bilamana dalam penyusunan laporan ini terdapat kekeliruan baik yang kami sengaja maupun tidak kami sengaja, maka kami minta maaf yang sebesar-besarnya.Kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima demi penyempurnaan penyusunan selanjutnya.

            Harapan kami laporan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua pihak yang membutuhkannya.

 

 

 

 

 

                                                                       

 

    

 

       Penyusun

 

                                                                                  YUDHA  PRAWIRA

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR            …………………………………………………………………………………..             2

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………            3

BAB I
1.1 Pendahuluan         ………………………………………………………………………………                 4

1.2 Latar Belakang                ……………………………………………………………..                        4

1.3 Ruang Lingkup dan Batasan  Masalah    …………………………………………                        5

1.4 Tujuan Penelitian            ………………………………………………………………            6

1.5 Tinjauan Pustaka             ………………………………………………………………                        6

1.6 Metode Penelitian             ……………………………………………………………………                  6

1.7 Hasil Yang Diharapkan   ………………………………………………………………….                    6

 

 

BAB II KESIMPULAN                         

2.1 Kesimpulan          ………………………………………………………………………….           7

 

DAFTAR PUSTAKA          ………………………………………………………………………….           8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

1.1 Pendahuluan

 

Alat ini berfungsi sebagai pengaman rumah  dengan tambahan memakai kamera CCTV. Alat ini menggunakan mikonkontroller berbasis ATmega 8535(L) dan sensor yang digunakan sebagai pendeteksi gerak tubuh manusia adalah PIR ( Passive Infra Red  ) yang sudah terintegrasi dalam PIR Motion Detector. Kemudian CPU (Central Processing Unit) sistem ini adalah Smart AVR System atau Super Smart AVR atau Basic AVR, yang adalah sistem mikrokontroler yang berbasis ATmega8535(L). Sedangkan penguat yang memungkinkan CPU untuk dapat mengendalikan inframerah adalah relay yang telah terintegrasi ke dalam Relay 1.

 

 

1.2  Latar Belakang

Pada jaman sekarang ini dimana – mana semakin sulit untuk mencari suatu nafkah atau biaya untuk memenuhi kehidupan sehari – hari. Jadi banyak sekali masyarakat kita yang serba kekurangan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari – hari, maka dari itu banyak juga masyarakat kita yang mulai mengambil suatu jalan pintas demi mencukupi kebutuhan hidupnya dengan menghalalkan segala cara. Contohnya , seperti mencuri dan membobol rumah yang situasinya sedang kosong dan ketika si pemilik rumah sedang tidak ada dirumah atau sedang melakukan perjalanan jauh seperti pulang kampung.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, maka suatu tantangan bagi saya untuk berusaha menciptakan suatu alat yang sederhana namun disamping itu meiliki daya ketelitian dan ketepatan yang akurat. Disini penulis ingin mencoba membuat suatu alat dengan menggunakan Phototransistor dan dua buah infra merah dengan penambahan sirine ( alarm ) dan kamera cctv yaitu “ DETEKTOR PENGAMAN RUMAH DENGAN PENAMBAHAN KAMERA CCTV BERBASIS ATmega 8535(L) ”. Dengan diciptakannya alat ini dapat berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Dengan menggunakan alat ini kita bisa mendeteksi, melindungi sekaligus menjaga secara otomatisasi keadaan rumah agar tetap dalam suasana aman. Detektor ini akan bekerja jika diletakkan terpisah pada suatu jarak jangkauan tertentu dan di pasang secara sejajar berlawanan arah antara pemancar dan penerima pada daerah yang biasa dilalui orang. Ketika alat ini aktif maka terdapat seberkas sinar cahaya infra merah yang tidak tampak berada diantara pemancar dan penerima. Apabila berkas cahaya tersebut terputus atau terhalang oleh sesuatu maka detektor langsung bekerja dan mengaktifkan sebuah alarm atau buzzer. Alat ini dapat diaplikasikan dengan sebuah komputer (PC), sehingga kita dapat mengoperasikan alat tersebut melalui komputer yang di tunjang dengan sebuah program atau software yang dapat dibuat dan disesuaikan dengan alat ini. Selain itu alat ini ditambahkan suatu kamera cctv, yang ditempatkan di sudut – sudut tempat yang strategis agar bisa merekan dengan jelas. Dan fungsi kamera cctv adalah merekam segala sesuatu kegiatan yang telah terjadi dan jika keadaan rumah kita sedang dibobol maling atau ada yang mencuri tanpa kita tau, kita bisa melihat hasil rekaman kamera cctv kita agar bisa mengetahui cirri – cirri pelakunya agar memudahkan untuk dilaporkan ke polisi dan selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh polisi dengan mencari pencuri atau yang membobol rumah kita tersebut jika pencuri atau pembobolnya berhasil kabur.

 

 

1.3 Ruang Lingkup dan Batasan  Masalah

Ruang lingkup pada pembuatan alat  “ DETEKTOR PENGAMAN RUMAH DENGAN PENAMBAHAN  KAMERA CCTV BERBASIS ATmega 8535(L) ” ini, penulis menggunakan sensor PIR ( Passive Infra Red ) yang nantinya bisa diletakkan di sekitar sudut – sudut rumah dengan penempatan yang berbeda – beda dan ditempatakan beberapa kamera CCTV untuk memonitoring kegiatan orang yang keluar rumah dan jika pada saat keadaan rumah kosong kita bisa memonitoringnya juga, jika ada orang yang tidak dikenal masuk secara paksa maka nantinya sensor- sensor yang ada akan mendeteksinya. Lalu sinyal dari sensor tersebut akan dikirimkan ke mikonkonttroller untuk diproses dan nantinya disalurkan ke 2 buah output berupa nyala LED dan bunyi buzzer. Selain itu kita juga mendapatkan output lain dari rekaman yang direkam dari kamera CCTV untuk mengetahui siapa yang telah masuk ke dalam rumah kita.

 

Batasan masalah yang penulis buat untuk pembuatan alat “ DETEKTOR PENGAMAN RUMAH DENGAN PENAMBAHAN  KAMERA CCTV BERBASIS ATmega 8535(L) ” adalah dengan membatasi pembahasan tentang cara kerja dari rangkaiannya beserta komponen – komponen pendukung yang digunakan pada rangkaian Detektor Pengaman Rumah Dengan Penambahan  Kamera CCTV Berbasis ATmega 8535(L).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan dalam pembuatan alat ini adalah untuk memudahkan seluruh masyarakat yang khususnya di kalangan sibuk atau yang sering berpergian keluar kota untuk dapat mengantisipasi dari awal agar tidak terjadi kasus pembobolan rumah, pencurian rumah, dll –nya. Dan ini merupakan suatu solusi yang tepat untuk memecahkan suatu masalah untuk orang – orang yang sering sibuk atau sering berpergian keluar kota agar bisa menjaga keamanan rumahnya dengan cara yang tepat dan terjaga.

Disamping itu dengan tujuan penambahan pemasangan  kamera cctv kita dapat memonitoring atau merekam segala kegiatan rumah agar kita bisa mengetahui jika ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi kita bisa mengetahuinya dan melakukan pencegahan agar hal itu tidak akan terjadi lagi

 

 

1.5 Tinjauan Pustaka     

Tinjauan pustaka pada penelitian mengambil referensi dari buku-buku, mencari referensi lain yang dianggap bisa dijadikan acuan penelitian ini seperti situs – situs di internet

 

 

1.6 Metode Penelitian

Pada Penelitian ini menggunakan 3 metode, diantaranya:

  1. a.    Konsultasi

Dilakukan dengan melakukan pertanyaan kepada dosen pembimbing tentang komponen, makalah, dan program.

 

  1. b.    Studi Pustaka

Dilakukan dengan mengambil referensi dari buku –buku dan pencarian di internet yang  berkaitan erat dengan penulisan makalah ini.

 

  1. c.    Pengumpulan Data

Dilakukan dengan mengumpulkan data-data pada saat pengujian alat

 

 

1.7 Hasil yang Diharapkan

Penulis mengharapkan Detektor Pengaman Rumah Dengan Penambahan  Kamera CCTV Berbasis ATmega 8535(L) ini dapat diterapkan pada rumah – rumah atau gedung yang memiliki keadaan sistem pengaman yang kurang baik agar nantinya kita bisa memantau dan memonitoring jika keadaan pada rumah atau gedung – gedung sedang kosong atau sedang ditinggalkan.

 

 

 

 

 

 

BAB II                       

 

2.1 Kesimpulan dan Saran

Akhirnya penulis dapat mengambil kesimpulan mengenai Drtetktor Pengamanan Rumah Dengan Penambahan Kamera CCTV Berbasis Atmega 8535 ini. Bahwa kamera cctv merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk pendeteksi gerak tubuh manusia, dan melindungi sekaligus menjaga secara otomatisasi keadaan rumah agar tetap dalam suasana aman.

Disamping itu semua, mengenai peranan  jika ada orang yang tidak dikenal masuk secara paksa maka nantinya sensor- sensor yang ada akan mendeteksinya. Lalu sinyal dari sensor tersebut akan dikirimkan ke mikonkonttroller untuk diproses.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

[1] Prawira, Yudha. 2013. GPG – SUH Sentence Information. http://aprs.gids.nl/suh/

[2] Muhammad, Harry. 2009. ESITrack H360 Manual. PT. Sarana Informatika, Surabaya.

[3] Anita, Martin D. 2006. OpenGTS Installation and Configuration Manual. http://www.opengts.or

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: